You are currently viewing Bijak Energi Mulai Sekarang

Bijak Energi Mulai Sekarang

Sejak dahulu manusia mempunyai ketergantungan yang sangat erat terhadap energi fosil, karena energi menjadi hal penting bagi keberlangsungan hidup semua manusia yang ada di bumi ini. Tanpa adanya energi maka semua semua aktivitas manusia akan terlambat. Bahkan bisa kita amati hampir semua industri dan aktivitas keseharian tidak bisa lepas dari ketergantungan terhadap energi yang tidak terbarukan. Tapi perlu diingat, sumber energi non terbarukan semakin hari kian menipis. Prediksinya, 20-40 tahun kedepan energi fosil akan habis.

Lantas, apakah kita harus diam saja? Lalu bagaimana dengan anak cucu kita masih bisa merasakan manfaat dari energi? Apakah keserakahan serta kesulitan yang berkepanjangan yang akan kita wariskan kepada mereka? Siapa yang harus kita salahkan? Sebaiknya tunjuk ke diri sendiri saja. Sudah saatnya kita beralih pada energi masa depan yang lebih bersih, asri dan berkelanjutan. Dan yang harus kita ketahui bahwa menghemat energi berarti mengurangi penggunaan energi seminimal mungkin. Dengan cara beralih ke sumber energi terbarukan.

Seperti salah satu contoh sumber energi yang terbarukan untuk menggantikan peran energi fosil di masa yang akan datang yaitu energi matahari dengan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Hal tersebut selain menghemat energi juga menjadi upaya untuk merawat bumi dari emisi gas rumah kaca dan juga menyadarkan kita untuk berpikir kritis mengenai nasib kehidupan generasi yang akan datang. Semua itu tergantung kepada apa yang kita lakukan sekarang, maka dari itu  mulai dari sekarang sobat energi untuk lebih bijak dalam menggunakan energi. Tidak perlu menunggu energi fosil benar-benar habis untuk memulainya.

Tinggalkan Balasan