You are currently viewing Training dan Sertifikasi Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan ESDM DJK

Training dan Sertifikasi Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan ESDM DJK

Sertifikasi Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan (SKTTK)

Sertifikasi Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan (SKTTK) adalah sebuah sertifikasi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk mengukur kompetensi tenaga teknik ketenagalistrikan di Indonesia. Sertifikasi ini merupakan syarat wajib bagi tenaga teknik ketenagalistrikan yang bekerja di industri ketenagalistrikan atau di bidang yang berhubungan dengan ketenagalistrikan. Melalui sertifikasi ini, tenaga teknik ketenagalistrikan dapat menunjukkan kemampuan dan kompetensi yang dimilikinya dalam bidang tersebut, sehingga dapat diakui oleh pemerintah dan industri ketenagalistrikan. Sertifikasi ini juga dapat membantu tenaga teknik ketenagalistrikan dalam meningkatkan karier dan kesejahteraan para pegiat dan praktisi. Begitu pula praktisi energi terbarukan, khususnya tenaga surya. Sertifikasi kompetensi bidang ketenagalistrikkan merupakan hal penting bagi para praktisi energi terbarukan, khususnya PLTS, agar dapat melakukan kegiatan perencanaan, pembangunan maupun operasional dan perawatan PLTS.

Training dan Sertifikasi Tenaga Surya Oleh Warung Energi

Melihat pentingnya SKTTK dalam keberlangsungan praktik usaha kelistrikan, Warung Energi mengambil langkah untuk mengadakan training ketenagalistrikan bidang tenaga surya. Adanya training ketenagalistrikan tenaga surya oleh Warung Energi adalah untuk membantu praktisi PLTS dalam mempersiapkan diri dan memahami betul materi pengujian yang biasanya muncul saat proses pengambilan sertifikasi ESDM DJK.

Warung Energi adalah lembaga yang memberikan sertifikasi dan pelatihan tenaga surya atau PLTS. Berbagai jenis pelatihan disediakan, mulai dari dasar-dasar teknologi surya hingga pemasangan dan pemeliharaan panel surya. Melalui pelatihan ini, peserta akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja dalam industri tenaga surya. Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta akan diuji untuk sertifikasi ESDM DJK, yang menjamin bahwa peserta memiliki kompetensi yang diperlukan dalam bidang ini. Sertifikasi ini sangat dihargai oleh industri tenaga surya dan dapat membantu para peserta dalam menemukan pekerjaan atau meningkatkan karier dalam industri imi.

Training yang kami adakan memberikan pokok bahasan PLTS secara mendalam melalui seminar 2 hari di dalam kelas dengan pemateri yang cakap dan berpengalaman di bidang energi terbarukan, serta 1 hari pelaksanaan praktik lapangan tentang instalasi solar atap. Keseluruhan training diadakan secara offline guna memastikan bahwa seluruh poin penting dalam proses instalasi dapat tersampaikan dengan baik dari pemateri ke peserta.

Investasi Dan Keuntungan Training dan Sertifikasi Warung Energi

Rekan-rekan praktisi energi terbarukan khususnya tenaga surya perlu berinvestasi sebesar Rp 10.000.000,-  untuk mengikuti rangkaian acara training dan sertifikasi.

Dengan mengikuti rangkaian tersebut, anda akan mendapat keuntungan berupa:

  • Asistensi proses administrasi yang merupakan syarat utama dalam persiapan sertifikasi yang akan dilakukan oleh ESDM-DJK;
  • Kemudahan mendapatkan materi umum hingga khusus melalui training selama 3 hari, sehingga peserta mendapat gambaran menyeluruh tentang materi sertifikasi;
  • Training bersama experts energi terbarukan;
  • Jika peserta tidak dinyatakan lulus sertifikasi, maka peserta dapat mengulang kembali di bulan berikutnya;
  • Training ini mengutamakan protokol kesehatan, sehingga jumlah peserta bersifat terbatas;
  • Peserta juga diizinkan memilih untuk mengikuti 1 rangkaian kegiatan saja, (contoh: hanya sertifikasi, atau hanya training).

Adapun materi yang kami berikan adalah sebagai berikut:

Kelas Hari 1

  • Pengenalan dasar sistem PLTS
  • Penukaran arus dan tegangan AC/DC
  • Sistem-sistem pengendalian pada PLTS
  • Sistem penyimpanan pada baterai
  • Konfigurasi sistem PLTS
  • Tahapan perencanaan dan rancang bangun PLTS sistem off-grid

Kelas Hari 2

  • K3 instalasi PLTS
  • Peralatan, pengukuran dan alat ukur instalasi PLTS
  • Pengenalan dasar sistem PLTS
  • Rancang bangun sistem PLTS on-grid
  • Prosedur instalasi dan sistem BOS
  • Kominsioning
  • Diskusi dan sharing

Praktik Di Luar Ruang Hari 3

  • Praktik instalasi PLTS

Meski begitu, anda dapat mengatur kebutuhan anda dengan memilih 1 rangkaian saja, baik hanya mengikuti training, maupun hanya sertifikasi saja. Biaya investasi yang dikenakan jika mengikuti 1 dari 2 kegiatan tersebut adalah Rp 5.000.000,/Peserta

Pemateri Training

Hari 1: Julianto Putra Kanggeyan

Ada yang berbeda pada training kali ini. Hadir sebagai guest star, Julianto Putra Kanggeyan seorang penggiat energi baru terbarukan membangkitkan semangat kaum muda untuk peduli akan pembangunan berkelanjutan. Sebagai seorang authorized distributor GOODWE yang bernaung pada perusahaan SV Energy, Julianto Putra telah banyak menangani proyek pembangunan Solar PV di berbagai sektor baik komersial maupun industrial. Wawasan dan keterampilan Julianto Putra pun sudah tidak diragukan lagi, beliau banyak mengikuti berbagai lisensi dan sertifikasi di bidang solar energy dan electrical power generation. Tak heran, keahliannya dalam bidang energi terbarukan membawa Julianto Putra memperoleh penghargaan pada “Renewable Energy: Technology and Policy Short Term AwardRenewable Energy: Technology and Policy Short Term Award” yang dikeluarkan oleh Australia Awards Indonesia pada Mei 2018 lalu.

Hari 1: Ir.Chayun Budiono, Msc., rer.nat

Andilnya dalam pengembangan energi terbarukan khususnya energi surya di Indonesia, tidak dapat diragukan lagi. Berkecimpung di energi terbarukan, Ir. Chayun Budiono atau biasa dipanggil Pak Chayun memulai penelitian sistem tampung energi matahari pada tahun 1975. Kemudian beliau terlibat dalam satuan tugas proyek solar village di tahun 1978, dan menjadi bagian dalam pembangunan laboratorium yang kini dikenal sebagai LSDE (Laboratorium Sumber Daya Energi). Masuk tahun 1992, beliau menyelesaikan jabatannya sebagai kepala balai bidang teknologi, dan mendapatkan gelar doctor ilmu sains dari Universitas Oldenburg, Jerman setahun setelahnya. Dari tahun 1994 hingga kini, beliau memimpin perusahaan swasta dengan dasar usaha sebagai integrator sistem untuk energi terbarukan.

Praktik Instalasi PLTS

Hari 2 dan 3: Abu Bakar Abdul Karim Almukmin, S.T.

Mewakili kaum milenial dalam pengembangan energi terbarukan, hadir CEO PT Bina Lintas Usaha Ekonomi (BLUE) yang dikenal dengan sapaan Bapak Karim sebagai pemateri training. Beliau mulai aktif terlibat sebagai intern research assistant di proyek market research energi terbarukan di tahun 2012, dan menjadi project engineer di berbagai proyek desain PLTS on-grid di tahun 2014. Setahun setelah nya, beliau berkegiatan sebagai surveyor di berbagai organisasi maupun BUMN dalam cakupan studi energi terbarukan dan kelistrikan. Dan sejak tahun 2017 hingga saat ini, Bapak Karim menjabat sebagai CEO PT BLUE.

Dalam kontribusinya, beliau kerap terlibat dalam beberapa studi kelayakan industry PLTS dengan kapasitas hingga 3 MW.

Masa Berlaku Sertifikat Kompetensi

Jika dinyatakan lulus sertifikasi oleh ESDM DJK, anda akan mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan selama 3 tahun, dan perlu diperpanjang lagi setelahnya. Biaya perpanjangan sebesar Rp 1.500.000,00 serta cukup melampirkan persyaratan administasi untuk perpanjangan tanpa melakukan tes Kembali. Namun, pengajuan perpanjangan minimal 1 bulan sebelum tanggal batas akhir berlakunya sertifikat tersebut.

Lokasi Pelaksanaan Training dan Sertifikasi.

Training dan sertifikasi oleh Warung Energi pada bulan Februari 2023 akan diadakan di Jakarta dan sifatnya untuk umum. Adapun jika anda merasa bahwa perusahaan anda memerlukan pendalaman materi secara inklusif, kami sangat terbuka untuk mengisi in-house training kepada karyawan dan direksi perusahaan anda. Hubungi administrator kami untuk info lebih lanjut. Selama masa pandemik ini Sertifikasi diadakan secara online hingga batas waktu yang belum bisa dipastikan

Jadwal Pelaksanaan Training dan Sertifikasi Warung Energi 2022

Rekan-rekan praktisi tenaga surya dapat memilih sendiri jadwal training sesuai dengan kebutuhan dan kesibukan anda. Berikut ini jadwal reguler yang kami tawarkan di sepanjang tahun 2022:

14 – 16 April 2022

12 – 14 Mei 2022

02 – 04 Juni 2022

30 Juni – 02 Juli 2022

04 -06 Agustus 2022

08- 10 September 2022

20 – 22 Oktober 2022

10 – 12 November 2022

15 – 17 Desember 2022

This Post Has 2 Comments

  1. EFRAIM TARIGAN

    Minat Kemitraan utk 1,35 kwp.utk Residence Komplek

    1. admin

      Selamat siang Pak Efraim, salam kenal saya Iqlima dari tim marketing Warung Energi. Terkait program kemitraan bisa mengubungi kami di +62 813-9158-1363. Akan kami bantu terkait kerjasama pemasangan di kompek perumahan Bapak. Terima kasih

Tinggalkan Balasan