PV TRAINING & WORKSHOP by WARUNG ENERGI

PV TRAINING & WORKSHOP by WARUNG ENERGI

     Pada Sabtu, 28 Juli 2018 lalu Warung Energi yang memiliki tagline “Tempat Cangkruk Bahas Energi” telah sukses menggelar PV Training & Workshop pertama. Training & Workshop pertama ini dilakukan di kantor workshop Warung Energi, dengan dihadiri 11 peserta workshop. Workshop ini dilakukan dalam 2 sesi yakni sesi penjelasan dalam kelas serta langsung dan workshop.

     Sesi pertama diisi oleh pemateri Abu Bakar Abdul Karim Tim Warung Energi yang masih muda, namun pengalamannya di bidang PLTS sudah layak untuk diperhitungkan. Bahkan beliau sudah memiliki sertifikasi kompetensi bidang pembangkit listrik, Sub bidang pembangunan dan pemasangan, unit kompetensi memasang instrument control dan proteksi pada Pembangkit Listrik tenaga surya (PLTS) dari ESDM.  

Sesi Pertama Pengenalan Teknologi PLTS


   Pada sesi pengenalan tentang PLTS ini juga mendapatkan respon positif dari peserta. Berbagai pertanyaan muncul seputar PLTS khususnya PLTS untuk dipasang di rumah, baik yang terhubung secara on-grid maupun off-grid. Tak lupa dibahas pula pentingnya mengurus net metering jika ingin memasang PLTS secara on-grid. Selain itu, pada materi ini juga dijelaskan bagaimana jika PLTS terpasang pada industri. Materi pengenalan PLTS ini berlangsung kurang lebih 2 jam.

     Setelah istirahat siang, materi dilanjutkan dengan pengenalan produk-produk PLTS di warung energi. Produk-produk PLTS ini seperti SHS, pompa air tenaga surya, dan PLTS. Sesi workshop siang hari diisi oleh Bapak Haris dan Moch Fahmi. Pada saat sesi workshop peserta terlihat antusias menanyakan detail peralatan, komponen, dan cara kerja produk-produk PLTS.

Sesi Diskusi Pembahasan PLTS On Grid System dengan PLN


 

     Sesi workshop ini berlangsung kurang lebih 1 jam. Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi. Sesi diskusi terakhir ini disampaikan oleh Ibu Nimas. Sesi diskusi terakhir ini membahas lebih dalam tentang net metering, khususnya untuk billing. Diskusi ini mengambil contoh salah satu klien warung energi di Surabaya dengan ditampilkannya produksi energi harian serta tagihan listrik PLN perbulan yang dapat dihemat dengan optimal. Selain itu pada sesi diskusi terakhir ini terdapat presentasi dari Ibu Nimas selaku direktur PT Bina Lintas Usaha Ekonomi yang menaungi Warung Energi.

Sesi Diskusi Pembahasan PLTS On Grid System dengan PLN


 

     Di penghujung acara sebelum penutupan terdapat sesi kesan tentang kegiatan workshop dari PLTS selama seharian. Bapak Arif Rahman merupakan mahasiswa S3 Teknik Mesin ITS yang berasal dari Riau. Beliau  mengungkapkan kesan selama mengikuti workshop, serta berharap kegiatan sharing ilmu tentang PLTS dari warung energi ini dapat berjalan seterusnya. Serta beliau mengutarakan visinya yang berkaitan dengan PLTS untuk nantinya dapat diimplementasikan di daerah asalnya yaitu Riau. Atas partisipasinya, Bapak Arif mendapatkan cendera mata dari Warung Energi berupa lampu Scandle Fosera.

Salah seorang peserta mendapatkan souvenir dari Warung Energi, beliau memberikan kesan positif terkait kegiatan sharing ilmu dari Warung Energi.


 

Tinggalkan Balasan

Close Menu